Jumat, 18 Maret 2011

SOAL BIOLOGI KELAS X (Keanekaragaman hayati dan kingdom plantae)

1. Jelaskan 3 macam keanekaragaman hayati dan berikan masing-masing 2 contohnya!
Jawab: Keanekaragaman gen yaitu keanekaragaman/perbedaan sifat dan penampilan (fisik) dari spesies yang sama karena dipengaruhi oleh faktor gen dan lingkungan. Contohnya: bentuk hidung pada manusia dan perbedaan rasa pada mangga madu dan mangga harum manis.Keanekaragaman jenis adalah perbedaan yang terdapat pada antar spesies namun masih berada dalam satu marga. contohnya: perbedaan antara padi, jagung, dan sargum. Kemudian perbedaan antar sirsak dan srikaya. Keanekaragaman Ekosistem adalah keanekaragaman yang terdapat pada antar ekosistem dengan komponen biotik dan abiotiknya. contohnya perbedaan antara kelapa di ekosistem sawah dan kelapa di ekositem pantai. dan perbedaan antara kepiting di ekosistem sungai

2. jelaskan manfaat keanekaragaman hayati dalam bidang ekonomi!
Jawab: Beberapa hasil dari keanekaragaman hayati dapat diperjualbelikan sehingga dapat menghasilkan uang. contohnya pohon jati yang dapat dijual kayunya dan berbagai tanaman hias yang dapat diperdagangkan.
3. sebutkan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keanekaragaman hayati dan cara melestarikan keanekaragaman hayati!
Jawab: Kegiatan manusia yang dapat merusak keanekaragaman hayatim yaitu: perusakan habitat seperti penebangan hutan secara berlebihan dan perusakan terumbu karang, penggunaan bahan kmia secara berlebihan seperti pupuk dan pestisida, pencemaran lingkungan dari limbah atau rumah tangga dan adanya pertanian monokultur yang berarti memusnahkan tanaman sejenis yang kurang unggul. Adapun cara untuk melestarikan keanekaragaman hayati adalah dengan melakukan penghijauan/reboisasi dan pemuliaan bibit unggul.
4. Sebutkan ciri-ciri lumut!
Jawab: hidup di tempat basah atau lembab dan terlindung dari cahaya matahari, pada permukaan luar tubuh terdapat lapisan berlilin untuk menahan masuknya air, berwarna hijau karena mempunyai klorofil, peralihan dari Thallophyta dan Cormophyta serta gametofit lebih dominan daripada sporofit.

0 komentar:

Posting Komentar